Thursday 17 September 2015

PERAN EPIDEMIOLOGI DALAM MENJELASKAN TERJADINYA MASALAH GIZI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, epidemiologi banyak digunakan dalam analisis masalah gizi masyarakat. Masalah ini erat hubungannya dengan berbagai faktor yang menyangkut pola hidup masyarakat. Pendekatan masalah gizi masyarakat melalui epidemiologi gizi bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang berhubungan erat dengan timbulnya masalah gizi masyarakat, baik yang bersifat biologis, dan terutama yang berkaitan dengan kehidupan social masyarakat. Penanggulangan masaah gizi masyarakat yang disertai dengan surveilans gizi lebih mengarah kepada penanggulangan berbagai faktor yang berkaitan erat dengan timbulnya masalah tersebut dalam masyarakat dan tidak hanya terbatas pada sasaran individu atau lingkungan keluarga saja.
Dari berbagai contoh ruang lingkup penggunaan epidemiologi seperti tersebut diatas, lebih memperjelas bahwa disiplin ilmu epidemiologi sebagai dasar filosofi dalam usaha pendekatan analis masalah yang timbul dalam masyarakat, baik yang bertalian dengan bidang kesehatan maupun masalah lain yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat secara umum.














BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian
Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari frekuensi penyakit pada manusia.
Epidemiologi mempelajari tentang distribusi penyakit berdasarkan umur, jenis kelamin, geografi, dll. Epidemiologi mempelajari distribusi penyakit berdasarkan faktor-faktor penyebab.
Epidemiologi gizi adalah ilmu yang mempelajari determinan dari suatu masalah atau kelainan gizi.
         Mempelajari distribusi dan besarnya masalah gizi pada populasi manusia.
         Menguraikan penyakit dari masalah gizi dan menentukan hubungan sebab akibat.
         Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk merencanakan dan melaksanakan program pencegahan, kontrol dan penanggulangan masalah gizi di masyarakat.
         Menguraikan penyebab dari masalah gizi dan menentukan hubungan sebab akibat.

Masalah gizi dihubungkan dengan:
1.      Faktor dan penyebab masalah gizi (agent)
2.      Faktor yang ada pada pejamu (host)
3.      Faktor yang ada di lingkungan pejamu (environment)

Menguraikan penyebab dari masalah gizi dan menentukan hubungan sebab akibat:
         Masalah gizi : kekurangan atau kelebihan zat gizi
         Agent: asupan makanan dan penyakit yang dapat mempengaruhi status gizi serta faktor-faktor yang berkaitan
         Host: karakteristik individu yang ada kaitannya dengan masalah gizi (umur, jenis kelamin, suku bangsa, dll)
         Environment: lingkungan (rumah, pekerjaan, pergaulan) yang ada kaitannya dengan masalah gizi
Penggunaan epidemiologi gizi:
a. Secara deskriptif mempelajari :
         Siapa yang mempunyai masalah gizi
         Kapan dan pada situasi-kondisi apa yang bagaimana masalah gizi tersebut terjadi
(biasanya digunakan data dari klinik, laporan rutin ataupun hasil survey khusus)

b. Secara analitik mempelajari:
         Hubungan kausal tertentu antara faktor penyebab dengan kejadian/kelainan yang diakibatkannya (biasanya diperlukan penelitian khusus dengan rancangan kohort ataupun kasus-kontrol)

c. Secara intervensi mempelajari:
         Dampak ataupun efek dari suatu program yang telah di laksanakan untuk menanggulangi masalah gizi. (biasanya dapat di manfaatkan untuk memperkuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program/kebijakan gizi)

2.2 Rencana studi epidemiologi gizi:
1. Rancangan observasi
a. Deskriptip:
1) Studi ekologi
2) Studi cross sectional
b. Analitik:
1) Studi coss-cotrol
2) Studi kohort
2. Rancangan eksperimen atau komuniti trial
a. Field trial
b. Clinical trial

2.3 Rancangan studi epidemiologi gizi:
a.       Studi ekologi contohnya:
Survey rumah tangga (asupan makanan) dikaitkan dengan data-data kesehatan oleh BPS
b.      studi cross-sectional atau studi prevalensi:
Untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor penyebab dan kelainan gizi pada suatu waktu dengan cara cepat dan murah (hubungan kausal)
c.       Studi case-kontrol
Untuk membandingkan orang yang mengalami kelainan gizi (kasus) dengan orang yang bebas kelainan gizi (kontrol) berdasarkan factor penyebab yang telah lalu
d.      Studi kohort
Dengan menentukan factor penyebab terlebih dahulu kemudian mengikuti individu tersebut untuk waktu tertentu diikuti akibat dari factor penyebab tersebut pada interval waktu tertentu
e.       Studi eksperimen
Faktor penyebab ditentukan dan dilihat efeknya.

2.4 Permasalahan pada epidemiologi gizi :
         Gizi atau status gizi sukar untuk ditentukan secara langsung sehingga selama ini digunakan beberapa indikator status gizi
         Indikator status gizi tersebut sering digunakan untuk bermacam tujuan
         Masalah gizi merupakan akibat dari banyak faktor sehingga program gizi dan penelitian gizi berkaitan dengan disiplin ilmu lainnya.

2.5 Penggunaan indikator status gizi:
1.      Untuk melakukan penapisan individual dalam program pencegahan malnutrisi (indikator untuk memprediksi malnutrisi)
2.      Untuk mendiagnosis malnutrisi (indikator untuk memprediksi resiko maupun manfaat dari intervensi gizi)
3.      Untuk membandingkan hasil atau memposisikan suatu populasi terhadap nilai norma/rujukan tertentu
4.      Untuk mengevaluasi terapi/intervensi gizi (indikator yang bereaksi terhadap terapi gizi). Pemilihan indikator yang terbaik bergantung pada tujuan yang ingin dicapai.

2.6 Masalah indikator status gizi:
         Validitas data:
Mengukur apa yang ingin di ukur (TB/U untuk masalah gizi kronis)
         Reliabilitas data:
Seberapa baik pengukuran dapat diulang
         Sensitivitas data:
Menentukan individu yang benar-benar sakit (high risk)
         Spesifisitas data:
Menentukan individu yang benar-benar sehat

         Akurasi data:
Pengukuran mendekati kebenaran

2.7 Ukuran-ukuran dalam epidemiologi gizi:
1. Ukuran untuk morbiditas dan mortalitas:
a. Rate, rasio dan proporsi
b. Rate, insidens dan prevalens

2. Indikator kesehatan:
a. Indikator dari penyebab khusus
b. Mortalitas bayi dan bayi baru lahir
c. Mortalitas ibu
d. Umur harapan hidup

2.8 Masalah Gizi yang terjadi di Indonesia
A. Gizi Buruk
Definisi
Gizi Buruk suatu kondisi di mana seseorang dinyatakan kekurangan nutrisi, atau dengan ungkapan lain status nutrisinya berada di bawah standar rata-rata. Nutrisi yang dimaksud bisa berupa protein, karbohidrat dan kalori. Di Indonesia, kasus KEP (Kurang Energi Protein) adalah salah satu masalah gizi utama yang banyak dijumpai pada balita.

1. Penyebab terjadinya gizi buruk
Orang akan menderita gizi buruk jika tidak mampu untuk mendapat manfaat dari makanan yang mereka konsumsi, contohnya pada penderita diare, nutrisi berlebih, ataupun karena pola makan yang tidak seimbang sehingga tidak mendapat cukup kalori dan protein untuk pertumbuhan tubuh.
Beberapa orang dapat menderita gizi buruk karena mengalami penyakit atau kondisi tertentu yang menyebabkan tubuh tidak mampu untuk mencerna ataupun menyerap makanan secara sempurna. Contohnya pada penderita penyakit seliak yang mengalami gangguan pada saluran pencernaan yang dipicu oleh sejenis protein yang banyak terdapat pada tepung yaitu gluten. Penyakit seliak ini mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi sehingga terjadi defisiensi. Kemudian ada juga penyakit cystic fibrosis yang mempengaruhi pankreas, yang fungsinya adalah untuk memproduksi enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Demikian juga penderita intoleransi laktosa yang susah untuk mencerna susu dan produk olahannya.

2. Penyebab secara langsung antara lain:
1.      Penyapihan yang terlalu dini
2.      Kurangnya sumber energi dan protein dalam makanan TBC
3.      Anak yang asupan gizinya terganggu karena penyakit bawaan seperti jantung atau metabolisme lainnya.
4.      Pola makan yang tidak seimbang kandungan nutrisinya
5.      Terdapat masalah pada sistem pencernaan
6.      Adanya kondisi medis tertentu
3. Penyebab secara tidak langsung antara lain :
1.      Daya beli keluarga rendah/ ekonomi lemah
2.      Lingkungan rumah yang kurang baik
3.      Pengetahuan gizi kurang
4.      Perilaku kesehatan dan gizi keluarga kurang

4. Gejala-gejala Gizi Buruk
Gizi buruk dapat mempengaruhi kesehatan tubuh baik fisik dan mental. Semakin berat kondisi gizi buruk yang diderita (semakin banyak nutrisi yang kurang) akan memperbesar resiko terjadinya masalah kesehatan secara fisik.
Pada gizi buruk yang berat dapat terjadi kasus seperti marasmus (lemah otot) akibat defisiensi protein dan energi, kretinisme dan kerusakan otak akibat defisiensi yodium, kebutaan dan resiko terkena penyakit infeksi yang meningkat akibat defisensi vitamin A, sulit untuk berkonsentrasi akibat defisiensi zat besi.

5. Gejala Umum Dari Gizi Buruk Adalah :
1.      Kelelahan dan kekurangan energy
2.      Pusing
3.      Sistem kekebalan tubuh yang rendah (yang mengakibatkan tubuh kesulitan untuk melawan infeksi)
4.      Kulit yang kering dan bersisik
5.      Gusi bengkak dan berdarah
6.      Gigi yang membusuk
7.      Sulit untuk berkonsentrasi dan mempunyai reaksi yang lambat
8.      Berat badan kurang
9.      Pertumbuhan yang lambat
10.  Kelemahan pada otot
11.  Perut kembung
12.  Tulang yang mudah patah
13.  Terdapat masalah pada fungsi organ tubuh
Tanda – tanda Gizi buruk secara umum
1.      Berat Badan di bawah normal
2.      Rambut pirang. Kering kusam
3.      Pertumbuhan otak terhambat
4.      Badan nya lemas
5.      Matanya Cekung
6.      Perut buncit
7.      Tidak nafsu makan
8.      Rabun Senja
Dampak gizi buruk pada anak terutama balita
1.      Pertumbuhan badan dan perkembangan mental anak sampai dewasa terhambat.
2.      Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan Rabun Senja
3.      Daya tahan tubuh Lamah
4.      Mudah terkena penyakit ispa, diare, dan yang lebih sering terjadi.
5.      Zat antibody tidak sempurna
6.      Jika terinfeksi sukar sembuh serta mudah berkomplikasi
7.      Rentan terhadap penyakit TBC
8.      Bisa menyebabkan kematian bila tidak dirawat secara intensif.
Indikasi Gizi Buruk
Untuk KEP ringan dan sedang, gejala klinis yang bisa dijumpai pada anak adalah berupa kondisi badan yang tampak kurus.  Sedangkan gejala klinis KEP berat/gizi buruk secara garis besar bisa dibedakan menjadi tiga tipe:
1.      kwashiorkor
2.      marasmus
3.      marasmus-kwashiorkor.

1.      Kwashiorkor adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan protein dan sering timbul pada usia 1-3 tahun karena pada usia ini kebutuhan protein tinggi. Meski penyebab utama kwashiorkor adalah kekurangan protein, tetapi karena bahan makanan yang dikonsumsi kurang menggandung nutrient lain serta konsumsi daerah setempat yang berlainan, akan terdapat perbedaan gambaran kwashiorkor di berbagai negara.
Ciri – ciri kwashiorkor :
         edema (pembengkakan), umumnya seluruh tubuh (terutama punggung kaki dan wajah) membulat dan lembab
         pandangan mata sayu
         rambut tipis kemerahan seperti warna rambut jagung dan mudah dicabut tanpa rasa sakit dan mudah rontok
         terjadi perubahan status mental menjadi apatis dan rewel
         terjadi pembesaran hati
         otot mengecil (hipotrofi), lebih nyata bila diperiksa pada posisi berdiri atau duduk
         terdapat kelainan kulit berupa bercak merah muda yang meluas dan berubah warna menjadi coklat kehitaman lalu terkelupas (crazy pavement dermatosis)
         sering disertai penyakit infeksi yang umumnya akut
         anemia dan diare
2.      Marasmus adalah kekurangan energi pada makanan yang menyebabkan cadangan protein tubuh terpakai sehingga anak menjadi “kurus” dan “emosional”. Sering terjadi pada bayi yang tidak cukup mendapatkan ASI serta tidak diberi makanan penggantinya, atau terjadi pada bayi yang sering diare.
ciri - ciri marasmus :
         badan nampak sangat kurus seolah-olah tulang hanya terbungkus kulit
         wajah seperti orang tua
         mudah menangis/cengeng dan rewel
         kulit menjadi keriput
         jaringan lemak subkutis sangat sedikit sampai tidak ada (baggy pant/pakai celana longgar
         perut cekung, dan iga gambang
         seringdisertai penyakit infeksi (umumnya kronis berulang)
         diare kronik atau konstipasi (susah buang air)

Ciri – ciri marasmus-kwashiorkor
Memiliki ciri gabungan dari beberapa gejala klinis kwashiorkor dan marasmus disertai edema yang tidak mencolok.

A. Cara Mengukur Status Gizi Anak
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengukur status gizi pada anak. Berikut adalah salah satu contoh pengukuran status gizi bayi dan balita berdasarkan tinggi badan menurut usia dan lingkar lengan atas.

B. Cara pencegahan
Menimbang begitu pentingnya menjaga kondisi gizi balita untuk pertumbuhan dan kecerdasannya, maka sudah seharusnya para orang tua memperhatikan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya kondisi gizi buruk pada anak.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah terjadinya gizi buruk pada anak:
1.      Memberikan ASI eksklusif (hanya ASI) sampai anak berumur 6 bulan. Setelah itu, anak mulai dikenalkan dengan makanan tambahan sebagai pendamping ASI yang sesuai dengan tingkatan umur, lalu disapih setelah berumur 2 tahun
2.      Anak diberikan makanan yang bervariasi, seimbang antara kandungan protein, lemak, vitamin dan mineralnya. Perbandingan komposisinya: untuk lemak minimal 10% dari total kalori yang dibutuhkan, sementara protein 12% dan sisanya karbohidrat.
3.      Rajin menimbang dan mengukur tinggi anak dengan mengikuti program Posyandu. Cermati apakah pertumbuhan anak sesuai dengan standar di atas. Jika tidak sesuai, segera konsultasikan hal itu ke dokter.
4.      Jika anak dirawat di rumah sakit karena gizinya buruk, bisa ditanyakan kepada petugas pola dan jenis makanan yang harus diberikan setelah pulang dari rumah sakit.
5.      Jika anak telah menderita karena kekurangan gizi, maka segera berikan kalori yang tinggi dalam bentuk karbohidrat, lemak, dan gula. Sedangkan untuk proteinnya bisa diberikan setelah sumber-sumber kalori lainnya sudah terlihat mampu meningkatkan energi anak. Berikan pula suplemen mineral dan vitamin penting lainnya. Penanganan dini sering kali membuahkan hasil yang baik. Pada kondisi yang sudah berat, terapi bisa dilakukan dengan meningkatkan kondisi kesehatan secara umum. Namun, biasanya akan meninggalkan sisa gejala kelainan fisik yang permanen dan akan muncul masalah intelegensia di kemudian hari.
C. Cara Penanggulangan Gizi Buruk
1.      Biasakan makan – makanan gizi yang seimbang
2.      Mengatur pola makan balita
3.      Konsumsi Vitamin A seperti susu, ikan goring, hati, sayur hijau, dan kuning
4.      Konsumsi Vitamin B 12 seperti kedelai, telur, keju,daging, tempe, dll

Obesitas adalah penyakit gizi yang disebabkan kelebihan kalori dan ditandai dengan akumulasi jaringan lemak secara berlebihan diseluruh tubuh. Merupakan keadaan patologis dengan terdapatnya penimbunan lemak yang berlebihan dari yang diperlukan untuk fungsi tubuh. Gizi lebih (over weight) dimana berat badan melebihi berat badan rata-rata, namun tidak selalu identik dengan obesitas.

a. Penyebab
         Perilaku makan yang berhubungan dengan faktor keluarga dan lingkungan
         Aktifitas fisik yang rendah
         Gangguan psikologis (bisa sebagai sebab atau akibat)
         Laju pertumbuhan yang sangat cepat
         Genetik atau faktor keturunan
         Gangguan hormon
b. Gejala
         Terlihat sangat gemuk
         Lebih tinggi dari anak normal seumur
         Dagu ganda
         Buah dada seolah-olah berkembang
         Perut menggantung
         Penis terlihat kecil
c. Terdapat 2 golongan obesitas
         Regulatory obesity, yaitu gangguan primer pada pusat pengatur masukan makanan
         Obesitas metabolik, yaitu kelainan metabolisme lemak dan karbohidrat
         d. Resiko/dampak obesitas
         Gangguan respon imunitas seluler
         Penurunan aktivitas bakterisida
         Kadar besi dan seng rendah

e. Penatalaksanaan
         Menurunkan BB sangat drastis dapat menghentikan pertumbuhannya. Pada obesitas sedang, adakalanya penderita tidak memakan terlalu banyak, namun aktifitasnya kurang, sehingga latihan fisik yang intensif menjadi pilihan utama
         Pada obesitas berat selain latihan fisik juga memerlukan terapi diet. Jumalh energi dikurangi, dan tubuh mengambil kekurangan dari jaringan lemak tanpa mengurangi pertumbuhan, dimana diet harus tetap mengandung zat gizi esensial.
         Kurangi asupan energi, akan tetapi vitamin dan nutrisi lain harus cukup, yaitu dengan mengubah perilaku makan
         Mengatasi gangguan psikologis
         Meningkatkan aktivitas fisik
         Membatasi pemakaian obat-obatan yang untuk mengurangi nafsu makan
         Bila terdapat komplikasi, yaitu sesak nafas atau sampai tidak dapat berjalan, rujuk ke rumah sakit
         Konsultasi (psikologi anak atau bagian endokrin)
5. ANEMIA
Anemia defisiensi adalah anemia yang disebabkan oleh kekurangan satu atau beberapa bahan yang diperlukan untuk pematangan eritrosit. Keadaan dimana kadar hemoglobin (Hb), hematokrit (Ht) dan eritrosit lebih rendah dari nilai normal, akibat defisiensi salah satu atau beberapa unsur makanan yang esensial yang dapat mempengaruhi timbulnya defisiensi tersebut.

a. Macam-macam anemia
1.      Anemia defisiensi besi adalah anemia karena kekurangan zat besi atau sintesa hemoglobin.
2.      Anemia megaloblastik adalah terjadinya penurunan produksi sel darah merah yang matang, bisa diakibatkan defisiensi vitamin B12
3.      Anemia aplastik adalah anemia yang berat, leukopenia dan trombositopenia, hipoplastik atau aplastik

1. ANEMIA DEFISIENSI BESI
         Prevalensi tertinggi terjadi didaerah miskin, gizi buruk dan penderita infeksi
         Hasil studi menunjukan bahwa anemia pada masa bayi mungkin menjadi salah satu penyebab terjadinya disfungsi otak permanen
         Defisiensi zat besi menurunkan jumlah oksigen untuk jaringan, otot kerangka, menurunnya kemampuan berfikir serta perubahan tingkah laku.
a. Ciri
         Akan memperlihatkan respon yang baik dengan pemberian preparat besi
         Kadar Hb meningkat 29% setiap 3 minggu
b. Tanda dan gejala
         Pucat (konjungtiva, telapak tangan, palpebra)
         Lemah
         Lesu
         Hb rendah
         Sering berdebar
         Papil lidah atrofi
         Takikardi
         Sakit kepala
         Jantung membesar
c. Dampak
         Produktivitas rendah
         SDM untuk generasi berikutnya rendah
d. Penyebab
Sebab langsung
         Kurang asupan makanan yang mengandung zat besi
         Mengkonsumsi makanan penghambat penyerapan zat besi
         Infeksi penyakit
         Sebab tidak langsung
         Distribusi makanan yang tidak merata ke seluruh daerah
Sebab mendasar
         Pendidikan wanita rendah
         Ekonomi rendah
         Lokasi ggeografis (daerah endemis malaria)
         Kelompok sasaran prioritas
         Ibu hamil dan menyusui
         Balita
         Anak usia sekolah
         Tenaga kerja wanita
         Wanita usia subur
f. Penanganan
         Pemberian Komunikasi,informasi dan edukasi (KIE) serta suplemen tambahan pada ibu hamil maupun menyusui
         Pembekalan KIE kepada kader dan orang tua serta pemberian suplemen dalam bentuk multivitamin kepada balita
         Pembekalan KIE kepada guru dan kepala sekolah agar lebih memperhatikan keadaan anak usia sekolah serta pemeberian suplemen tambahan kepada anak sekolah
         Pembekalan KIE pada perusahaan dan tenaga kerja serta pemberian suplemen kepada tenaga kerja wanita
         Pemberian KIE dan suplemen dalam bentuk pil KB kepada wanita usia subur (WUS)
6. DEFISIENSI VITAMIN A
Prevalensi tertinggi terjadi pada balita
a. Penyebab
         Intake makanan yang mengandung vitamin A kurang atau rendah
         Rendahnya konsumsi vitamin A dan pro vitamin A pada bumil sampai melahirkan akan memberikan kadar vitamin A yang rendah pada ASI
         MP-ASI yang kurang mencukupi kebutuhan vitamin A
         Gangguan absorbsi vitamin A atau pro vitamin A (penyakit pankreas, diare kronik, KEP dll)
         Gangguan konversi pro vitamin A menjadi vitamin A pada gangguan fungsi kelenjar tiroid
         Kerusakan hati (kwashiorkor, hepatitis kronik)
b. Sifat
         Mudah teroksidasi
         Mudah rusak oleh sinar ultraviolet
         Larut dalam lemak
c. Tanda dan gejala
         Rabun senja-kelainan mata, xerosis konjungtiva, bercak bitot, xerosis kornea
         Kadar vitamin A dalam plasma <20ug/dl d. Tanda hipervitaminosis Akut • Mual, muntah • Fontanela meningkat Kronis • Anoreksia • Kurus • Cengeng • Pembengkakan tulang e. Upaya pemerintah • Penyuluhan agar meningkatkan konsumsi vitamin A dan pro vitamin A • Fortifikasi (susu, MSG, tepung terigu, mie instan) • Distribusi kapsul vitamin A dosis tinggi pada balita 1-5 tahun (200.000 IU pada bulan februari dan agustus), ibu nifas (200.000 IU), anak usia 6-12 bulan (100.000 IU) • Kejadian tertentu, ditemukan buta senja, bercak bitot. Dosis saat ditemukan (200.000 IU), hari berikutnya (200.000 IU) dan 4 minggu berikutnya (200.000 IU) • Bila ditemukan xeroptalmia. Dosis saat ditemukan :jika usia >12 bulan 200.000 IU, usia 6-12 bulan 100.000 IU, usia < 6 bulan 50.000 IU, dosis pada hari berikutnya diberikan sesuai usia demikian pula pada 1-4 minggu kemudian dosis yang diberikan juga sesuai usia
         Pasien campak, balita (200.000 IU), bayi (100.000 IU)
f. Catatan
         Vitamin A merupakan nutrient esensial, yang hanya dapat dipenuhi dari luar tubuh, dimana jika asupannya berlebihan bisa menyebabkan keracunan karena tidak larut dalam air
         Gangguan asupan vitamin A bisa menyebabkan morbili, diare yang bisa berujung pada morbiditas dan mortalitas, dan pneumonia
7. GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN YODIUM (GAKY)
         Adalah sekumpulan gejala yang dapat ditimbulkan karena tubuh menderita kekurangan yodium secara terus menerus dalam waktu yang lama.
         Merupakna masalah dunia
         Terjadi pada kawasan pegunungan dan perbukitan yang tanahnya tidak cukup mengandung yodium
         Defisiensi yang berlangsung lama akan mengganggu fungsi kelenjar tiroid yang secara perlahan menyebabkan pembesaran kelenjar gondok
a. Dampak
         Pembesaran kelenjar gondok
         Hipotiroid
         Kretinisme
         Kegagalan reproduksi
         Kematian
b. Defisiensi pada janin
         Dampak dari kekurangan yodium pada ibu
         Meningkatkan insiden lahir mati, aborsi, cacat lahir
         Terjadi kretinisme endemis
         Jenis syaraf (kemunduran mental, bisu-tuli, diplegia spatik)
         Miksedema (memperlihatkan gejala hipotiroid dan dwarfisme)
c. Defisiensi pada BBL
         Penting untuk perkembangan otak yang normal
         Terjadi penurunan kognitif dan kinerja motorik pada anak usia 10-12 tahun pada mereka yang dilahirkan dari wanita yang mengalami defisiensi yodium
d. Defisiensi pada anak
         Puncak kejadian pada masa remaja
         Prevalensi wanita lebih tinggi dari laki-laki
         Terjadi gangguan kinerja belajar dan nilai kecerdasan
e. Klasifikasi tingkat pembesaran kelenjar menurut WHO (1990)
         Tingkat 0 : tidak ada pembesaran kelenjar
         Tingkat IA : kelenjar gondok membesar 2-4x ukuran normal, hanya dapat diketahui dengan palpasi, pembesaran tidak terlihat pada posisi tengadah maksimal
         Tingkat IB : hanya terlihat pada posisi tengadah maksimal
         Tingkat II : terlihat pada posisi kepala normal dan dapat dilihat dari jarak ± 5 meter
         Tingkat III : terlihat nyata dari jarak jauh
f. Sasaran
         Ibu hamil
         WUS
g. Dosis dan kelompok sasaran pemberian kapsul yodium
         Bayi < 1tahun : 100 mg
         Balita 1-5 tahun : 200 mg
         Wanita 6-35 tahun : 400 mg
         Ibu hamil (bumil) : 200 mg
         Ibu meneteki (buteki) : 200 mg
         Pria 6-20 tahun : 400 mg
8. GAKY tidak berhubungan denga tingkat sosek melainkan dengan geografis
Spektrum gangguan akibat kekurangan yodium
         Fetus : abortus, lahir mati, kematian perinatal, kematian bayi, kretinisme nervosa (bisu tuli, defisiensi mental, mata juling), cacat bawaan, kretinisme miksedema, kerusakan psikomotor
         Neonatus : gangguan psikomotor, hipotiroid neonatal, gondok neonatus
         Anak dan remaja : gondok, hipotiroid juvenile, gangguan fungsi mental (IQ rendah), gangguan perkembangan
         Dewasa : gondok, hipotiroid, gangguan fungsi mental, hipertiroid diimbas oleh yodium
Sumber makanan beryodium yaitu makanan dari laut seperti ikan, rumput laut dan sea food. Sedangkan penghambat penyerapan yodium (goitrogenik) seperti kol, sawi, ubi kayu, ubi jalar, rebung, buncis, makanan yang panas, pedas dan rempah-rempah.
a. Pencegahan/penanggulangan
         Fortifikasi : garam
         Suplementasi : tablet, injeksi lipiodol, kapsul minyak beryodium






















BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Pendekatan masalah gizi masyarakat melalui epidemiologi gizi bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang berhubungan erat dengan timbulnya masalah gizi masyarakat, baik yang bersifat biologis, dan terutama yang berkaitan dengan kehidupan social masyarakat. Penanggulangan masaah gizi masyarakat yang disertai dengan surveilans gizi lebih mengarah kepada penanggulangan berbagai faktor yang berkaitan erat dengan timbulnya masalah tersebut dalam masyarakat dan tidak hanya terbatas pada sasaran individu atau lingkungan keluarga saja.
Epidemiologi gizi adalah ilmu yang mempelajari determinan dari suatu masalah atau kelainan gizi.
         Mempelajari distribusi dan besarnya masalah gizi pada populasi manusia.
         Menguraikan penyakit dari masalah gizi dan menentukan hubungan sebab akibat.
         Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk merencanakan dan melaksanakan program pencegahan, kontrol dan penanggulangan masalah gizi di masyarakat.
         Menguraikan penyebab dari masalah gizi dan menentukan hubungan sebab akibat.
Masalah gizi dihubungkan dengan:
1.      Faktor dan penyebab masalah gizi (agent)
2.      Faktor yang ada pada pejamu (host)
3.      Faktor yang ada di lingkungan pejamu (environment)








DAFTAR PUSTAKA

Nasry Noor, Prof. Dr. Nur, M.PH. Epidemiologi. Jakarta: Rineka Cipta, 2008
http://lenteraimpian.wordpress.com/2010/02/24/masalah-masalah-gizi-di-indonesia-2/

Budiarto, Dr. Eko, SKM. Pengantar Epidemiologi. Jakarta: EGC, 2002